Pengertian Digital Audio Workstation (DAW)

Pengertian Digital Audio Workstation

Perkembangan rekaman musik semakin cepat. Dulu mungkin rekaman selalu di lakukan di studio musik. Dengan proses nya yang cukup panjang. Mulai dari persiapan awal sampai proses akhir Mixing dan Mastering.

Di era sekarang mulai banyak bermunculan istilah Home Recording yaitu melakukan rekaman di rumahan dengan alat yang bisa di maksimalkan. Untuk melakukan rekaman di era sekarang kita memerlukan Digital Audio Workstation (DAW). Apa itu DAW?

Pengertian Digital Audio Workstation
Pengertian Digital Audio Workstation

Digital Audio Workstation ( DAW ) adalah perangkat atau elektronik aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk merekam , mengedit dan memproduksi file audio .

DAW datang dalam berbagai konfigurasi dari satu program perangkat lunak pada laptop , ke unit yang berdiri sendiri yang terintegrasi, sampai ke konfigurasi yang sangat kompleks dari banyak komponen yang dikendalikan oleh komputer pusat.

(Dikutip dari Wikipedia tentang Digital Audio Workstation)

Seseorang yang akan memproduksi lagu pada umumnya menggunakan Digital Audio Workstation (DAW) mulai dari tahap Recording, Editing, Mixing, Mastering sampai pada akhirnya menjadi sebuah lagu.

Fungsi umum dari sebuah Digital Audio Workstation (DAW) itu digunakan untuk mengolah dan mengontrol track audio. Kita bisa melakukan rekaman track per track, melakukan editing di setiap track. Mengontrol mixer dari setiap audio yang telah di rekam ataupun audio yang di export secara external.

Selain itu di, era sekarang, musisi banyak menggunakan untuk menyambungkan sebuah Vst plugin untuk menggambar instrumen di Digital Audio Workstation. Kamu bisa membuat instrumen virtual yang nantinya akan kamu gambar. Seperti contoh kamu bisa membuat pattern beat untuk drum, membuat suara instrumen bass, dan instrumen lainya.

VST Plugin
VST Plugin

Bila kamu belum mengerti tentang Vst Plugin kamu bisa baca Pengertian Vst Plugin terlebih dahulu.

Apakah konsep setiap Digital Audio Workstation (DAW) berbeda? Lantas apa yang membedakan dari setiap Digital Audio Workstation yang ada?

Konsep secara keseluruhan dari digital audio workstation adalah sama. Yang membedakan dari tiap DAW adalah cara proses mengolah audio atau bisa disebut workflow nya, fitur-fitur yang unik dari setiap DAW dan juga karakter audio dari Digital Audio Workstation tersebut.

Pada intinya, kamu bisa kuasai salah satu Digital Audio Workstation terlebih dahulu. Kamu bisa mempelajari workflow atau alur untuk memproduksi sebuah musik. Apabila kamu sudah paham dengan salah satu Digital Audio Workstation (DAW), maka ketika akan menggunakan DAW yang lain tidak akan terlalu rumit untuk di pelajari.

Banyak list Digital Audio Workstation (DAW) yang bisa kamu pakai untuk memproduksi sebuah audio. Kamu bisa baca 7 DAW Terbaik Untuk Produksi Musik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *